Dolan ke Situs Purbakala Candi Umbul Magelang: Pemandian Putra Putri Bangsawan

Sudah lama sekali tak berjumpa dengan teman sebangkuku ketika duduk di bangku MI Al-Huda 01 Padurenan (Setara dengan SD)--Hilal. Setelah lulus MI Al-Huda 01 Padurenan kami melanjutkan studi di sekolah yang sama--MTs TBS Kudus. Setelah lulus MTs, kami melanjutkan ke sekolahan yang sama lagi meski tidak satu kelas--MA TBS. Rasanya waktu berlalu begitu cepat, dulu masih suka cari ikan "benguk" di kalen. Sekarang udah kuliah dan sibuk urusan masing masing.

Dalam rangka reuni, kami menyempatkan dolan ke magelang, kebetulan Hilal punya paman yang tinggal di Magelang. Sore kami berangkat dari jogja.

"Ya, Allah.. maman anake Bu Ruqoiyyah." Begitulah kiranya kata pertama yang terlontar dari pamannya Hilal saat bertemu dengan saya. Nama panggilan saya sewaktu kecil muncul lagi.. wkwkw.. Saya sempat lupa pernah dipanggil maman. :D . Ya, tentu pamannya Hilal kenal Ibuku. Karena sewaktu Ibuku masih hidup, Ibuku mejadi guru MI. Mungkin pamannya Hilal juga pernah menjadi murid Ibuku.

Semalam menginap di tempat pamannya Hilal. Paginya kami main ke Candi Umbul, pemandian air panas di Magelang. Tempat wisata pemandian air panas ini berlokasi di Kartoharjo, Kabupaten Magelang, Kecamatan Grabag, Magelang. Pagi sekali kami kesana. Kabut pagi yang tebal menyambut kedatangan kami, hingga membuat kacamata saya tertutupi embun. Hal yang jarang saya jumpai di perkotaan.



Sampai di lokasi saya merasa dibawa ke zaman kuno. Pasalnya, pemandian air panas ini dikelilingi candi candi. Menurut sejarah, candi umbul merupakan situs purbakala yang dulu dapakai oleh putra putri bangsawan.

Candi Umbul berasal dari kata umbul (bahasa jawa) karena sumber air yang keluar dari kolam selalu menyembul serupa glembung gelembung, atau yang di masyaraakat jawa disebut mumbul (naik).

Di Candi Umbul ada dua kolam, yang pertama merupakan kolam air panas yang mengandung blerang. Sedangkan kolam kedua berisi air dingin. Keseluruhan dinding kolam terbuat dari lapisan batu andesit.

Candi Umbul Magelang

Badan saya terasa benar benar relax. Rasa lelah akan segudang kegiatan terasa luntur bersama dengan air belerang ini. Puas berendam di Candi Umbul Magelang ini, kami pun kembali ke Jogja.

Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dolan ke Situs Purbakala Candi Umbul Magelang: Pemandian Putra Putri Bangsawan"