Munafik (2016): Film Horror yang Dikemas Dalam Religiusitas

Adam dalam Film Munafik (2016)
Film ini dirilis pada tanggal 25 Februari 2016 yang disutradai oleh Syamsul Yusof. Film produksi Malaysia ini dibintangi oleh Syamsul Yusof, Nabila Huda, Fizz Fairuz, Sabrina Ali, Pekin Ibrahim, A Galak, dan Datuk Rahim Razali.

Munafik (2016) ini bercerita tentang Adam--seorang ustadz dan istrinya yang mengalami musibah hingga meninggal dunia. Di awal, saya menduga-duga ini adalah film religi. Namun penasaran itu tidak bertahan lama. Sosok hantu yang terburu-buru dimunculkan dalam film ini membuat saya dapat memastikan ini adalah film horror.

Dalam cerita, Adam seakan belum dapat menerima kepergian istrinya--Zulaikha. Rasa tidak menerima takdir itu ternyata mengganggu kepercayaan dalam agamanya. Disituah setan/iblis mengambil kesempatan untuk menjalankan perannya sebagai penggoda iman.

Sebagai seorang ustadz, Adam sering diminta untuk meruqyah seorang wanita bernama Maria yang menderita karena sering diganggu oleh makhluk halus. Namun ternyata makhluk itu juga sangat kuat. Ada beberapa hal yang janggal dalam beberapa kejadian yang dialami oleh Maria. Nampak ada keterkaitan dengan kematian Zulaikha--istri Adam. Rasa penasaran itu reda setelah saya sampai pada scene akhir.
Maria dalam film Munafik (2016)
Maria dalam film Munafik (2016)

Di scene akhir, iman Adam benar benar diuji. Tubuhnya terluka setelah bertarung dengan setan/iblis. Di scene  akhir juga ada cerita yang mengejutkan. Maria dan Ayahnya yang bernama Osman ternyata bersekutu dengan setan/iblis yang menyebabkan kekacauan ini. Selain itu, ternyata selama ini yang meninggal tidak hanya istrinya. Amir anak Adam pun ikut meninggal dalam kecelakaan yang mereka alami. Adam tidak tahu bahwa Amir yang menemaninya di rumah selama ini ternyata juga sudah meninggal.

Sangat menarik untuk ditonton. Meskipun suasana tegang disuguhkan terlalu cepat, film ini dapat dibilang mampu menjadi obat kerinduan bagi para pecinta film horror, karena kebanyakan film horror sekarang selalu dibumbui adegan seksi sang aktor/aktris. Sementara dalam film ini sama sekali tidak ada, bahkan dikemas dalam religiusitas.

0 Response to "Munafik (2016): Film Horror yang Dikemas Dalam Religiusitas"

Post a Comment