Sales Marketing? Maksudmu, Hobiku?


Bagi kebanyakan orang, mungkin sales dan/atau marketing menjadi sesuatu yang sebisa mungkin dihindari. Karena sales marketing selalu berkenaan dengan target, ditolak, dan takut untuk memulainya. Padahal ada hal lain yang menurutku sangat menyenangkan menjadi sales/marketer.

Bagi saya, jualan bukanlah sesuatu yang baru yang pernah saya lakuan. Flashback ke zaman MA (setara dengan SMA)--eh bukan, mungkin lebih jauh lagi. Sebelum saya sekolah saya sudah dikenalkan dengan jual menual. Semasa masih hidup, Bapak saya bekerja sebagai pedagang pakaian. Sementara ibuku semasa masih hidup, selain menjadi seorang guru juga membuka warung kelontong di rumah.

Saya terkadang diminta ibu saya untuk men-stock es lilin ke warung warung di desa saya. Dulu, lemari es menjadi sesuatu yang langka untuk dimiliki. Jadi, julanan es lilin menjadi peluang yang tak boleh disia siakan kala itu.  Saya tidak ingat pasti, entah waktu iu sudah masuk sekolah MI (setara dengan SD) atau belum, Yang jelas saya masih kecil, membawa ranjang kecil udah terasa berat sekali. Haha.. seru.

Ketika duduk di bangku kelas 3 MTs (setara dengan SMP), sepulang sekolah saya sering mampir ke pasar untuk "kulakan" barang yang nantinya dijual lagi di toko kelontong. Waktu itu toko kelontong di rumah dikelola oleh kakak saya setelah orangtua saya meninggal. Pernah waktu itu, saya "kulakan" satu karung gula, dan jatuh di jalan. wkwk.. lucu, dan unforgetable banget.

Tidak sampai disitu, ketika saya duduk di bangku MA, kegiatan menjual juga tak jauh jauh dari keidupan saya. Cuma beda barangnya saja. Sewaktu kelas 2 MA, saya berkesempatan menjadi Pimred Majalah. Disitu saya harus "jualan" alias menawarkan pasang iklan di majalah sekolah kami. Itu juga pengalaman seru yang tak terlupakan. Alhamdulillaah, saya dan teman teman saya berhasil mendapatkan banyak iklan dari toko dan perusahan. Sebenarnya bukan pada nominal iklannya, tapi serunya ketika orang yang kita tawari iklan bilang "iya". Di hati rasanya semacam kembang api di tahun baru yang meletup-letup.

Kegiatan jual menjual masih saya lakukan sampai sekarang, Apapun lah, yang bisa dijual. haha... Jual jasa internet advertising, Orilflame, dan insyaallaah mulai bulan depan jual produk investasi dari Sun Life Financial Syariah Indonesia. hehe..

Mungkin sementara itu dulu postingan kali, ini. Jangan lupa tingalkan komentar. Oh ya jangan lupa mampir ke tokoku, klik disini.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sales Marketing? Maksudmu, Hobiku?"